Home » Pendidikan » Pembelajaran » Tujuan Belajar Matematika di Sekolah Dasar (SD)

Tujuan Belajar Matematika di Sekolah Dasar (SD)

Oleh:Kacok Dua Kategori: Pembelajaran 5687 kali Dilihat

belajar matematikaMatematika merupakan sebuah disiplin ilmu yang universal yang terus berkembang sejak dahulu. Matematika sebagai salah satu ilmu dasar mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu serta untuk memajukan daya pikir manusia. Dewasa ini matematika telah berkembang amat pesat baik secara materi maupun kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Belajar Matematika di sekolah dasar sebagai sekolah awal peserta didik, diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini sebagai dasar serta pengembangan kemampuan berpikir sistematis, kritis, analitis, logis, dan kreatif serta menumbuhkan kemampuan bekerja sama. Selain itu  diharapkan siswa memiliki kemampuan untuk mengelola, memperoleh, serta memanfaatkan informasi untuk dapat bertahan dan mengembangkan dinamika kehidupan yang kompetitif untuk semua bidang.

Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Belajar matematika tidak terlepas dari ciri matematika itu sendiri, yaitu (1) memiliki objek kejadian yang abstrak dan (2) berpola pikir deduktif dan konsisten. Disamping itu matematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bilangan dan simbol-simbol serta ketajaman penalaran yang dapat membantu memperjelas dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (Depdikbud, 1996).

Belajar matematika di SD tentunya berbeda dari tingkat sekolah peserta didik, dan lebih menekankan aspek: (1) bilangan, (2) geometri dan pengukuran, (3) pengolahan data. Ketiga aspek tersebut kemudian dijabarkan lagi menjadi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang diterjemahkan dan diaplikasikan menjadi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). “Mata pelajaran matematika pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek bilangan, geometri dan pengukuran, serta pengolahan data.”  (BSNP 2006:417).

Tujuan belajar matematika di Sekolah Dasar adalah:

  • Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.
  • Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan dalam kehidupan melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran logis, rasional, kritis, cermat, jujur dan efektif.
  • Menambah dan mengembangkan keterampilan berhitung dengan bilangan sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari.
  • Membentuk sikap logis, kritis, cermat, kreatif dan disiplin.
  • Mengembangkan pengetahuan dasar matematika sebagai bekal untuk melanjutkan ke pendidikan menengah.  (Depdikbud, 1996)

 

Tujuan Belajar Matematika di Sekolah Dasar (SD) – SDN Kacok 2

 

2 Tanggapan untuk artikel ini

  1. Pemahaman tentang tujuan pendidikan matematika adalah sesuatu yang penting sekali. Terima kasih telah menulisnya untuk kami semua.

  2. […] sekolah dasar (SD) nantinya akan memberlakukan 7 mata pelajaran, yaitu: Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Umum, PPKn, Penjaskes dan Pendidikan Kesenian. Penyederhanaan mata pelajaran […]


Artikel Terbaru

asus notebook x45u

Inventaris Notebook ASUS X45U...

Notebook ASUS X45U memiliki warna indigo dengan pola mengkilap gelombang ...

Kisah Kesetiaan Istri Guru...

Kisah Kesetiaan Istri Guru terjadi di kampung Dakou kota Liushan, pedalaman ...

Unas (ujian nasional)

Keamanan Naskah Unas di Pamekasan 2014...

Keamanan Naskah Soal Unas (ujian nasional) di Pamekasan 2014 dinilai rawan ...

Point of sales

Sekilas Point Of Sales (POS)...

Mungkinkita pernah mendengar istilah "Point Of Sale (POS)". Istilah ini awalnya ...

arah mata angin

Arah Mata Angin - Sumber Belajar IPS Kelas III SD...

Arah Mata Angin Sumber Belajar IPS  Siswa Kelas III SD tentang ...