Home » Editorial » SK Tunjangan Profesi Guru Tidak Keluar

SK Tunjangan Profesi Guru Tidak Keluar

Oleh:Kacok Dua Kategori: Editorial 1722 kali Dilihat

Mengapa SK Tunjangan Profesi Guru Tidak Keluar? Untuk tahun 2013, Surat Keputusan (SK) TPG atau lebih dikenal sebagai SK Dirjen merupakan syarat cairnya tunjangan profesi guru berdasarkan dapodik. Kenyataan di lapangan, masih banyak kendala yang terjadi, sehingga SK TPG tidak keluar.

Banyak guru bersertifikasi dinyatakan tidak valid berdasarkan Dapodik yang diupload melalui aplikasi pendataan pendidikan oleh operator dapodik sekolah. Sejumlah guru yang namanya belum terjaring dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) terancam tak mendapat tunjangan karena tidak valid.

SK Tunjangan Profesi Guru Tidak Keluar

Sumarna Surapranata, Ph.D., Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, seperti yang dikutip dari situs  Kemendikbud direktorat pendidikan dasar Selasa 9 April 2013,  mengatakan, “Bagi guru yang tidak keluar SK-nya sekarang, itu bukan kiamat. Silakan melengkapi persyaratan-persyaratan, nanti di tengah jalan akan keluar. Haknya dari bulan Januari tidak hilang.”

Jika data belum terjaring, kemungkinan besar pengisian instrumen pendataan oleh operator sekolah belum lengkap. Maka yang perlu dilakukan adalah melengkapi instrumen pendataan. Setelah data lengkap dan Surat Keputusan (SK) akan keluar dan guru mendapat tunjangan secara rapel tanpa ada pemotongan sepeserpun.

Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar mengakui, penjaringan Dapodik belum mencapai 100 persen. Itu terjadi lantaran banyak kendala di lapangan, seperti terbatasnya akses dan jaringan internet di sebuah daerah. Untuk itu, selain melalui Dapodik, penjaringan data dilakukan pula dengan pengecekan secara manual. Dengan begitu, penjaringan instrumen pendataan akan cepat tuntas.

 

SK Tunjangan Profesi Guru Tidak Keluar

Ditambahkan oleh Supriyatno, S.Pd., M.A, Kepala Sub Bagian Data dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa tidak tercantumnya nama guru dalam Data Pokok Pendidikan, salah satunya, disebabkan pengisian instrumen data oleh operator sekolah tidak lengkap.

Data yang dimasukkan dalam aplikasi Dapodik harus lengkap, jangan sampai ada variabel yang kosong dan terlewat diisi. Jika ada satu saja variabel tak diisi, maka data secara keseluruhan tidak bisa diolah. Misalnya saya mengajar, tapi rombongan belajarnya (rombel) tidak diisi. Data harus lengkap, wajar, dan benar.

Kenyataan di lapangan, operator sekolah kesulitan meng-input data, yang mengakibatkan sistem tidak dapat mengolah data dengan benar sehingga data PTK tidak valid. Permasalahan jumlah jam mengajar yang banyak dikeluhkan para guru terlebih untuk sekolah yang PTK-nya banyak.

Namun Supriyatno menggarisbawahi, aplikasi Dapodik tidak menentukan seorang guru mendapat tunjangan atau tidak, melainkan sekadar menyajikan data secara individual dan terelasi dengan sekolah dan rombongan belajar yang diemban/diampu. Dapodik sekadar bahan mentah yang digunakan Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar untuk menyalurkan tunjangan sesuai kriteria dan aturan yang telah ditentukan.

Data Pokok Pendidikan (dapodik) merupakan program pendataan yang digalang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjaring tiga entitas data pokok pendidikan di seluruh Indonesia secara individual dan relasional dan untuk pertama kalinya digunakan sebagai dasar pemberian Tunjangan Profesi Guru.

Kenyataan masih banyak ketidaktahuan informasi, pelaksanaan, mekanisme tentang dapodik oleh PTK dan operator sekolah, mengakibatkan SK Tunjangan Profesi Guru Tidak Keluar. Jika tidak ada pembenahan sistem dapodik, kemungkinan Dana BOS serta tunjangan dan bantuan lain tidak dapat terealisasi jika berdasarkan dapodik sesuai harapan awal.

 


Artikel Terbaru

asus notebook x45u

Inventaris Notebook ASUS X45U...

Notebook ASUS X45U memiliki warna indigo dengan pola mengkilap gelombang ...

Kisah Kesetiaan Istri Guru...

Kisah Kesetiaan Istri Guru terjadi di kampung Dakou kota Liushan, pedalaman ...

Unas (ujian nasional)

Keamanan Naskah Unas di Pamekasan 2014...

Keamanan Naskah Soal Unas (ujian nasional) di Pamekasan 2014 dinilai rawan ...

Point of sales

Sekilas Point Of Sales (POS)...

Mungkinkita pernah mendengar istilah "Point Of Sale (POS)". Istilah ini awalnya ...

arah mata angin

Arah Mata Angin - Sumber Belajar IPS Kelas III SD...

Arah Mata Angin Sumber Belajar IPS  Siswa Kelas III SD tentang ...