Home » Editorial » Revisi Kurikulum Baru 2013 Sekolah Dasar

Revisi Kurikulum Baru 2013 Sekolah Dasar

Oleh:Kacok Dua Kategori: Editorial 7229 kali Dilihat

kemdiknasRencana revisi kurikulum baru 2013 pendidikan nasional paling banyak perpengaruh pada sekolah dasar (SD). Untuk saat ini mata pelajaran untuk Sekolah Dasar ada 11 macam termasuk muatan lokal dan bimbingan kepribadian. Rencananya akan dikurangi menjadi 7 mata pelajaran saja untuk tahun ajaran baru 2013.

Namun, Rencana revisi kurikulum baru 2013 pendidikan nasional tersebut tidak akan memangkas jam belajar siswa. Bahkan Kemendikbud masih menganalisis apakah jam belajar sudah mencukupi atau masih kurang? Jadi masalah pengurangan mata pelajaran tidak akan mengurangi jam belajar siswa, kalau meringkas mata pelajaran masih memungkinkan.

Rencana revisi kurikulum baru 2013 pendidikan nasional untuk sekolah dasar (SD) nantinya akan memberlakukan 7 mata pelajaran, yaitu: Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Umum, PPKn, Penjaskes dan Pendidikan Kesenian. Penyederhanaan mata pelajaran tersebut menyesuaikan dengan pola pikir siswa usia Sekolah Dasar. Pembelajaran diharapkan harus lebih mendalam, khususnya mata pelajaran yang berkaitan dengan pengembangan sikap dan karakter siswa SD.

Badan Penelitian dan Pengembangkan (Balitbang) Kemendikbud masih terus mengolah rencana peringkasan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi satu mata pelajaran IPU (ilmu Pengetahuan Umum) serta mengganti mata pelajaran PKn menjadi PPKn lagi untuk semua tingkat sekolah mulai SD sampai SMA.

Rencana revisi kurikulum baru 2013

Tentunya jika Rencana revisi kurikulum baru 2013 pendidikan nasional diberlakukan, adalah mempersiapkan segala sesuatu dengan adanya perubahan-perubahan dalam kurikulum tersebut. Banyak hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah maupun oleh Pendidik dengan mempersiapan berbagi instrumen yang dibutuhkan untuk revisi kurikulum baru 2013. Semisal Peleburan IPA dan IPS menjadi IPU pasti membutuhkan pengajar yang paham betul materi baru.

Selain itu semua persiapan harus dimulai dari sekarang, mengingat jumlah Sekolah Dasar paling banyak di Indonesia. Sosialisasi sangat diperlukan untuk kebijakan revisi kurikulum baru 2013 pendidikan nasional ini.

 


Artikel Terbaru

asus notebook x45u

Inventaris Notebook ASUS X45U...

Notebook ASUS X45U memiliki warna indigo dengan pola mengkilap gelombang ...

Kisah Kesetiaan Istri Guru...

Kisah Kesetiaan Istri Guru terjadi di kampung Dakou kota Liushan, pedalaman ...

Unas (ujian nasional)

Keamanan Naskah Unas di Pamekasan 2014...

Keamanan Naskah Soal Unas (ujian nasional) di Pamekasan 2014 dinilai rawan ...

Point of sales

Sekilas Point Of Sales (POS)...

Mungkinkita pernah mendengar istilah "Point Of Sale (POS)". Istilah ini awalnya ...

arah mata angin

Arah Mata Angin - Sumber Belajar IPS Kelas III SD...

Arah Mata Angin Sumber Belajar IPS  Siswa Kelas III SD tentang ...