Editorial Berita

Liputan Topik Berita Pendidikan

1

kemdiknasRencana revisi kurikulum baru 2013 pendidikan nasional paling banyak perpengaruh pada sekolah dasar (SD). Untuk saat ini mata pelajaran untuk Sekolah Dasar ada 11 macam termasuk muatan lokal dan bimbingan kepribadian. Rencananya akan dikurangi menjadi 7 mata pelajaran saja untuk tahun ajaran baru 2013.

Namun, Rencana revisi kurikulum baru 2013 pendidikan nasional tersebut tidak akan memangkas jam belajar siswa. Bahkan Kemendikbud masih menganalisis apakah jam belajar sudah mencukupi atau masih kurang? Jadi masalah pengurangan mata pelajaran tidak akan mengurangi jam belajar siswa, kalau meringkas mata pelajaran masih memungkinkan.

Rencana revisi kurikulum baru 2013 pendidikan nasional untuk sekolah dasar (SD) nantinya akan memberlakukan 7 mata pelajaran, yaitu: Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Umum, PPKn, Penjaskes dan Pendidikan Kesenian. Penyederhanaan mata pelajaran tersebut menyesuaikan dengan pola pikir siswa usia Sekolah Dasar. Pembelajaran diharapkan harus lebih mendalam, khususnya mata pelajaran yang berkaitan dengan pengembangan sikap dan karakter siswa SD.

Badan Penelitian dan Pengembangkan (Balitbang) Kemendikbud masih terus mengolah rencana peringkasan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi satu mata pelajaran IPU (ilmu Pengetahuan Umum) serta mengganti mata pelajaran PKn menjadi PPKn lagi untuk semua tingkat sekolah mulai SD sampai SMA.

Rencana revisi kurikulum baru 2013

Tentunya jika Rencana revisi kurikulum baru 2013 pendidikan nasional diberlakukan, adalah mempersiapkan segala sesuatu dengan adanya perubahan-perubahan dalam kurikulum tersebut. Banyak hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah maupun oleh Pendidik dengan mempersiapan berbagi instrumen yang dibutuhkan untuk revisi kurikulum baru 2013. Semisal Peleburan IPA dan IPS menjadi IPU pasti membutuhkan pengajar yang paham betul materi baru.

Selain itu semua persiapan harus dimulai dari sekarang, mengingat jumlah Sekolah Dasar paling banyak di Indonesia. Sosialisasi sangat diperlukan untuk kebijakan revisi kurikulum baru 2013 pendidikan nasional ini.

 

Post comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Recent Posts

Categories

Archives

Random Pengajar

  • ~ Halilah A.ma.Pd

    Halilah A.ma.Pd"Halilah A.ma.Pd yang lahir di Pamekasan pada tanggal 18 Nopember 1985 merupakan alumnus SDN Kacok 2 yang mengabdi sebagai guru honorer. Bergabung sejak tahun 2004 memiliki NUPTK : 8450763665300023 pendidikan terakhir D2 PGSD"

  • PTK selengkapnya »