Home » Pendidikan » Pembelajaran » Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Oleh:Kacok Dua Kategori: Pembelajaran 3800 kali Dilihat

bahasa indonesia sdBelajar sebuah Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial dan emosional siswa dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua pelajaran. Terutama Belajar Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa persatuan dan menjadi identitas bangsa Indonesia. Salah satu upaya melestarikan bahasa Indonesia adalah dengan belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar (SD).

Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar, karena bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat pen-ting bagi kehidupan sehari-hari. Waktu belajar untuk mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar diberi waktu sebanyak 6 jam pelajaran untuk kelas 1, 2, 3 dan sebanyak  5 jam pelajaran bagi siswa kelas 4, 5 dan 6 per seminggu.

Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dengan jumlah jam pelajaran yang banyak dimaksudkan agar peserta didik mempunyai kemampuan ketrampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya.

Tujuan Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Secara umum tujuan belajar Bahasa Indonesia di sekolah adalah agar siswa memiliki kemampuan berbahasaIndonesiayang baik dan benar serta dapat menghayati bahasa dan sastraIndonesiasesuai dengan situasi dan tujuan berbahasa serta tingkat pengalaman siswa sekolah dasar. Akhadiah dkk. (1991: 1). Sedangka menurut BSNP (2006).Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa adalah untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, sedangkan bagi guru adalah untuk mengembangkan potensi bahasa Indonesia siswa, serta lebih mandiri dalam menentukan bahan ajar kebahasaan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan siswa.

Dari penjelasan di atas maka tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dapat digambarkan sebagai berikut:

  • Lulusan Sekolah Dasar diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar yang mencakup tujuan kognitif dan afektif..
  • Lulusan Sekolah Dasar diharapkan dapat menghayati bahasa dan sastraIndonesia.
  • Penggunaan bahasa harus sesuai dengan situasi dan tujuan berbahasa sesuai fungsi bahasa sebagai alat komunikasi.
  •  Pengajaran bahasaIndonesiadisesuaikan dengan tingkat pengalaman siswa Sekolah Dasar sesuai tingkatannya.

Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar meliputi aspek kemampuan keterampilan berbahasa mendengar, berbicara, membaca dan menulis yang berkaitan dengan ragam bahasa maupun ragam sastra merupakan ruang lingkup standard kompetensi pembelajaran Bahasa Indonesia.

Belajar bahasaIndonesiadi sekolah dasar diharapkan membantu siswa mengenal dirinya, budayanya dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya.

Dengan belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar, siswa diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  • Siswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar serta dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien baik secara lisan maupun tulis sesuai dengan etika yang berlaku.
  • Siswa bangga dan menghargai bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa pemersatu bangsaIndonesia.
  • Siswa mampu memahami bahasa Indonesia serta dapat menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
  • Siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
  • Siswa dapat membaca dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
  • Siswa diharapkan dapat menghayati bahasa dan sastra Indonesia serta menghargai dan bangga terhadap sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual Indonesia.

One Tanggapan untuk artikel ini

  1. [...] nasional untuk sekolah dasar (SD) nantinya akan memberlakukan 7 mata pelajaran, yaitu: Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Umum, PPKn, Penjaskes dan Pendidikan Kesenian. Penyederhanaan mata [...]


Artikel Terbaru

asus notebook x45u

Inventaris Notebook ASUS X45U...

Notebook ASUS X45U memiliki warna indigo dengan pola mengkilap gelombang ...

Kisah Kesetiaan Istri Guru...

Kisah Kesetiaan Istri Guru terjadi di kampung Dakou kota Liushan, pedalaman ...

Unas (ujian nasional)

Keamanan Naskah Unas di Pamekasan 2014...

Keamanan Naskah Soal Unas (ujian nasional) di Pamekasan 2014 dinilai rawan ...

Point of sales

Sekilas Point Of Sales (POS)...

Mungkinkita pernah mendengar istilah "Point Of Sale (POS)". Istilah ini awalnya ...

arah mata angin

Arah Mata Angin - Sumber Belajar IPS Kelas III SD...

Arah Mata Angin Sumber Belajar IPS  Siswa Kelas III SD tentang ...